Tips Belajar Menulis Artikel

Pesan dari Om Jay "Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi!" Ya, Omjay adalah salah seorang guru, penulis buku, blogger, dan juga seorang motivator pendidikan. Mengajak kita untuk mencintai kegiatan tulis menulis, baik menulis buku, menulis artikel, opini ataupun kegiatan keseharian kita.

Belajar menulis artikel ternyata gampang-gampang susah rasanya. Mungkin bagi yang baru belajar menulis artikel akan bingung mau menulis apa, terus kalo sudah menulis apakah tulisan kita akan ada yang membaca. Ah, tak perlu terlalu dipikirkan masalah ada yang membaca tulisan kita atau tidak, yang penting niatkan dulu untuk belajar menulis artikel.

Menentukan Tema

Kita harus menentukan tema atau isi pokok tulisan kita terlebih dahulu, kemudian kita buat garis besarnya sehingga tulisan kita terlihat beraturan sesuai alur, isi tulisan tidak berulang-ulang.

Misalnya kita ingin menulis artikel tentang keutamaan belajar, maka kita dapat membuat garis besarnya seperti di bawah ini :

Paragraf satu dapat kita buat semacam pengantar atau pendapat beberapa ahli tentang belajar dan keutamaannya
Pada paragraf kedua dapat kita buat dasar pemahaman keutamaan belajar menurut agama
Pada paragraf ketiga dapat kita buat contoh gambaran orang-orang sukses yang mau belajar
Pada paragraf keempat dapat kita buat contoh gambaran orang-orang yang tidak mau belajar
pada paragraf kelima dapat kita buat simpulan untuk pembaca, bahwa belajar adalah sesuatu yang harus dilakukan sendiri-sendiri, tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Gaya Bahasa Tulisan

Oh ya, untuk yang baru belajar menulis artikel, menulis tidak harus dengan gaya bahasa tingkat tinggi, maksudnya terlalu banyak istilah asing yang justru tidak dimengerti atau istilah-istilah lainnya yang sulit untuk dipahami. Tetapi cukup menulis dengan gaya bahasa tulisan yang sederhana, bahasa yang mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh semua tingkatan usia dan semua pembaca.

Kalau memang ada istilah asing yang tidak bisa di serap ke bahasa Indonesia, maka harus disertakan dengan terjemahnya. Misalnya saya mau mendownload artikel dari internet, maka bisa kita ganti menjadi saya mau mengunduh artikel dari internet (download menjadi unduh)

Sedikit-sedikit Lama-lama Menjadi Bukit

Ya, mungkin tulisan kita pada awalnya hanya sedikit dan mungkin kurang memuaskan hati. Tapi yakinlah, seiring dengan berjalannya waktu dan keinginan kuat kita untuk dapat menulis dengan baik, maka lambat-laun akan menjadi banyak dan memuaskan kita.

Untuk membuat gedung pencakar langit sebanyak 150 lantai pun, diawali dengan pembuatan pondasi yang kokoh dan dimulai dari lantai ke-1 dan seterusnya. Untuk membuat buku sebanyak 100 buku pun, dimulai dari membuat buku ke-1 dan seterusnya. Jadi, mulailah belajar menulis artikel dari sekarang! Jangan ditunda lagi

Rumus Menulis Artikel

Dalam belajar menulis artikel, penulis pemula harus ingat ingat Rumus Menulis Artikel? Apa itu rumusnya? Rumusnya adalah rumus 5P?

Rumus 5P adalah :

Rumus 5P yang pertama adalah Praktik
Rumus 5P yang kedua adalah Praktik
Rumus 5P yang ketiga adalah Praktik
Rumus 5P yang keempat adalah Praktik
Rumus 5P yang kelima adalah Praktik
Tips Belajar menulis artikel

Beberapa hal yang harus tetap kita lakukan agar tulisan kita menjadi ENAK DIBACA DAN PERLU, Anda dapat mengikuti beberapa tips belajar menulis artikel di bawah ini :

Membaca buku sebagai sumber referensi
Catat hal-hal penting atau beri tanda pada buku Anda
Jadikan menulis sebagai kebiasaan yang baik
Kembali lagi ke rumus 5P, Praktik, Praktik, Praktik, Praktik dan Praktik
Baik teman-teman, semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk belajar menulis artikel yang baik. Jangan lupa untuk selalu berusaha dan berdo’a, semoga apa yang menjadi cita-cita dan keinginan besar kita, Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa selalu membimbing dan meridoi langkah kita. Amin.

Hubungi Kami

SMP HANG TUAH 3
JL. TANGGUH RAYA KOMPLEK TNI-AL

+6221 45841303
smp.hangtuah3@yahoo.co.id